Sunday 5 October 2014

Tiap 10 Detik, Manusia Mati Karena Alkohol

Tiap 10 Detik, manusia mati karena alkohol

Ini bukan berita mengada-ada ya....Memang demikian adanaya. Kenyataan membuktikan bahwa minuman setan ini telah sukses merenggut nyawa 3,3 juta orang di seluruh pelosok dunia ditahun 2012. Tidak main-main, ini adalah data resmi dari badan kesehatan dunia yang bernaung di bawah PBB yakni WHO.

Shekar Saxena, Kepala Departemen Kesehatan Mental dan Penyalahgunaan Zat di WHO mengatakan, alkohol merupakan pembunuh yang menyebabkan kematian orang setiap 10 detik. kematian kematian itu berasal dari penyakit-penyakit ynag disinyalir akibat konsumsi alkohol seperti pneumoni, tuberkolosis, perlemakan hati, tekanan darah tinggi dan lebih dari 200 gangguan kesehatan lainnya.

Kenyataan ini tentu berdasarkan data bahwa minum minuman beralkohol sudah merupakan budaya yang terjadi di tengah masyarakat, utamanya di daerah eropa dan Amerika. alkohol juga di minum di sebagain asia dan australia.

Menurut angka, masyarakat Eropa masih memiliki tingkat konsumsi alkohol tertinggi, meskipun tingkat konsumsi alkohol telah berkurang sejak lima tahun terakhir. Hal yang agak mengejutkan adalah terjadinya peningkatan konsumsi alkohol di Asia tenggara dan asia Pasifik. konsumsi alkohol di juga naik. Masyarakat China diperkirakan mengonsumsi alkohol sebesar 1,5 liter alkohol murni per kapita pada tahun 2025 nanti.

Peminum alkohol Rata-rata berusia 15 tahun ke atas, minum 6,2 liter alkohol murni per tahun. Sedang kurang dari setengah populasi dunia yang mengonsumsi alkohol, minum sekitar 17 liter alkohol murni per tahunnya. Dilihat dari jenis kelaminnya, jelas Pria yang lebih banyak meminum alkohol. Karena itu kemungkinan untuk mengalami kematian karena alkohol lebih banyak pada pria dari pada pada wanita.

Sayang data tersebut tidak mencantumkan apakah hanya alkohol murni saja yang mengakibatkan kematian? apakah minum minuman dengan kadar alkohol rendah juga berefek sama. Bagaimana dengan minuman beralkohol khas suatu negara musalnya sake di china, arak atau kecubung di indonesia termasuk dalam kategori minuman yang dihitung. Bagaimana dengan minuman oplosan yang tenar telah membunuh banyak orang di indonesia belakangan ini?

Ah, saya jadi teringat bagaimana agama ini mengajarkan keselamatan bagi hambanya. bagaimana agama islam telah melarang minuman memabukkan masuk ke dalam kerongkongan umatnya. kenyataan di atas pasti adalah hikmah dari larangan minum minuman beralkohol bagi umat muslim.


0 komentar :

Post a Comment

Please Comment Bellow, As:
@ Appreciation-Support
@ Criticism-Answers
@ Blog Walking- No Spam

Thank....