Monday 18 March 2013

Sponge Bob Sebabkan Kebodohan Anak lo...

sponge-bob-buat-bodohBukan hanya keponakan saya, si kriwul. Om-nya pun juga ngefans sama tokoh kartun kotak berwarna kuning ini. Karena itulah sejak melek kriwul ( keponakanku ) langsung merebut remote dari tangan kakeknya dan mengganti acara berita menjadi film kartun. itu cukup membuat sang kakek ngacir sambil manyun. Saya sih enjoy saja, saya juga suka soalnya.

Tapi setelah membaca sebuah artikel di sebuah surat kabar, saya jadi kawatir sama si kriwul.dengar-dengar film serial sponge bob bisa membuat anak bodoh. wow! Apa benar?

Seorang Psikolog telah menguji sekitar 60 anak-anak dengan segera setelah mereka menyaksikan film tersebut. Hal tersebut untuk menunjukkan atau menarik untuk dilihat seberapa baik anak tersebut, bisa memecahkan masalah, mengikuti aturan dan ingat apa yang telah diberitahu.

Hasilnya cukup mencengangkan Peneliti dari University of Virginia itu telah menemukan bahwa anak-anak berusia 4 tahun yang menonton selama sembilan menit dari film kartun tersebut, cepat atau lambat akan "terancam" kemampuannya untuk memberi perhatian dan memecahkan masalah, dibandingkan dengan anak-anak yang jarang menonton film tersebut atau yang menghabiskan waktu dengan menggambar. Penelitian tersebut akan diterbitkan dalam jurnal Pediatrics edisi Oktober.

Penyebabnya adalah perubahan kombinasi gambar/konten yang di tampilkan terlalu cepat sehingga di sinyalir anak anak jadi sulit berkonsentrasi dan memusatkan pikiran. Karena sulit memusatkan pikiran jadi anak anak tersebut akan mengalami kesulitan belajar. Apalagi adegan-adegan itu sulit dicerna atau di aplikasikan didunia nyata.

hiiiii.....
Mungkin tv atau produsen film tersebut ( nickalodeon) harus merevisi ulang siapa yang pantas untuk melihat film itu. Karena saya lihat memang spongebob tidak anak-anak banget. selain karakternya yang lucu tidak ada alasan lain yang membuat film ini cocok untuk anak-anak.

So, tetap awasi anak-anak. jangan biarkan mereka terlalu lama di depan TV, apa lagi yang ada di layar TV adalah sponge bob dan kawan-kawan.



bumi mahapatih, 180313




3 komentar :

  1. siapa bilang spongeboob buat anak anak, pernah nonton bart simson ? itu lebih parah lagi, saya heran kenapa orang tua di indonsia kebanyakan kudet? saya sendiri sudah kepala 4 dan tahu betul inti cerita spongeboob, lumayan dalam dan banyak sindiran sarkasme yang hanya bisa dipahami orang dewasa, belum lagi kekerasan macam mata bisa copot atau jantung bisa direnggut keluar. semua episode telah saya tonton, lucu buat orang dewasa tetapi tidak boleh buat anak anak! ingat kartun itu ada golongan anak anak, dewasa bahkan kartun porno juga ada.

    ReplyDelete
  2. saya juga ngerasa sangat terhibur liat songebob. cuman memang buat anak kecil enggak banget. mungkin di negara asalnya sono memang sponge ini memang buat orang dewasa. hanya di Indonesia saja tayangan ini di kira tayangan buat anak-anak karena termakan oleh penilaian bahwa " kartun selalu buat anak2" . Saya tahu simpson cuman enggak begitu tertarik ceritanya

    ReplyDelete
  3. Jadi intinya memang tidak cocok tuk anak anak, tapi persiaran di Indonesia masa bodoh dg efect begitukah kira - kira ?!
    menurutku memang tak cocok ntuk anak-anak .

    ReplyDelete

Please Comment Bellow, As:
@ Appreciation-Support
@ Criticism-Answers
@ Blog Walking- No Spam

Thank....