Saturday 29 June 2013

Wow, Mekah Akan Jadi Seperti Ini Setelah 2020!

suasana-mekah-malam-hari
Pengumuman telah resmi disampaikan kepada pemerintah Indonesia, Tahun ini kuota haji untuk negara berpenduduk muslim terbanyak di dunia ini resmi di pangkas sebanyak 20%. Pemerintah Indonesia melalui kementerian agama berusaha melobi agar pemerintah Saudi menganulir keputusannya. Tapi upaya diplomasi ini gagal. Jadi terpaksa kuota haji Indonesia tahun 2013 resmi di korting. 

Tentu ini kabar yang meresahkan bagi yang telah mendaftar dan siap diberangkatkan tahun ini. Selain sudah siap lahir dan batin, mereka yang sudah terlanjur. Woro-woro kesana-kemari. Beban mental jika di tanya kenapa mereka tidak jadi berangkat. Terkadang juga malu karena terlanjur sembelih kambing untuk selamatan. 

Tapi kali ini ada alasan rasional yang bisa mereka utarakan. Alasan yang membuat diplomat sekaliber menteri agama tidak bisa melobi Raja Abdullah, penguasa arab itu. Alasan itu adalah mega proyek perluasan Masjidil haram menjadi dua kali lipat dari luas semula. Yah, ini mungkin usaha sang raja untuk mengurangi angka meninggalnya jamaah saat beribadah haji atau umroh. Anda pasti sering mendengar, banyak jamaah yang meninggal karena desak-desakkan, terinjak jamaah lain atau kecelakaan saat menuju kompleks masjid. 

Perluasan Ini memang untuk mengantisipasi perlonjakan jumlah muslim di dunia yang meroket tajam. Bukan hanya di negara-negara arab dan negara asia tenggara saja, namun peningkatan jumlah muslim yang signifikan juga terjadi di bumi bagian Eropa sana. Kalau semua ingin melaksanakan rukun islam kelima itu, bagaimana jadinya masjidil haram yang “hanya” berdaya tampung sekecil itu? Karena itulah proyek perluasan masjid haram memang sudah realistis segera dilakukan. 

proses-pelebaran-masjidil-haram
Pembangunan saat ini terus dikebut
Mega proyek ini rencananya akan merubah kawasan masjidil haram dari 356.000 m persegi menjadi 812.000 m persegi. Sehingga diharapkan daya tampung masjid ini menjadi lebih banyak. Ini untuk mengantisipasi lonjakan jamaah, utamanya saat puncak musim haji dan umroh tiba. Pada saat ini , masjid terbesar didunia ini bisa menampung hingga 770.000 jamaah, dengan penambahan itu daya tampung akan bertambah 1,2 juta lagi sehingga total jamaah kurang lebih 2 juta jamaah di dalam dan di halaman masjid. 

Dengan proyek ini otomatis akan terjadi perluasan halaman masjid, tempat parkir kendaraan, hotel dan apartemen. Tempat khusus untuk rangkaian ibadah juga tak luput dari renovasi. Lokasi sa’i ( lari kecil antara bukit shofa dan marwa ) akan di perluas dan di tambah kapasitasnya menjadi tiga tingkat. Pembangunan intensif juga terjadi di Musdalifah, Mina,dan Arafah, yang menjadi rangkaian tempat pelaksanaan ibadah haji. Tempat pelemparan jumrah ditata ulang demi keamanan jamaah. Jaringan transportasi subway juga akan dibangun mulai seputar Masjidil Haram hingga Arafah. Bagi jamaah yang suka menyelam sambil minum air ( ibadah dan juga berbelanja ) di sediakan tempat berbelanja yang megah lagi mewah. Toko perbelanjaan akan ditata rapi sehingga benar-benar memanjakan para jamaah yang ingin pulang kenegaranya dengan membawa oleh-oleh untuk sanak kadang di tanah air masing-masing. 

Para jamaah pun akan dimanjakan dengan gedung pencakar langit baru berupa pusat perbelanjaan, apartemen dan hotel-hotel baru. Ini tentu saja akan menggusur seluruh bangunan yang ada di sekitar masjidil haram. Hal ini tentu menerbitkan kecemberutan bagi semua pemilik bangunan yang akan kena gusur. Bangunan yang tergusur akibat pembangunan ini ada 1000 bangunan lebih. mulai wilayah ‘Pasar Seng’ dari sebelah utara sampai sebelah barat daya yaitu wilayah Gazzah. Bahkan dengar-dengar bangunan bersejarah nabi juga ikut tergusur berupa masjid, perpustakaan dan rumah tempat nabi dan para sahabat mengaji. 

Namanya mega proyek, tentu akan menghabiskan dana yang tidak kalah megahnya. Proyek ini diperkirakan akan menghabiskan dana hingga US$ 100 milyar, jika di kalkulasikan dalam rupiah sama dengan Rp 920 trilyun. Silahkan geleng-geleng kepala sambil sama-sama bilang, wow....! 

Dan inilah penampakan masjidil haram setelah mega proyek selesai di tahun 2020 yang akan datang. Semoga saya dan anda bisa segera ke sana ya....



maket-mekah-setelah-tahun-2020
Mekah, setelah 2020 (maket)
Sumber foto : muroielbarezy.com 



bumi mahapatih,290613

0 komentar :

Post a Comment

Please Comment Bellow, As:
@ Appreciation-Support
@ Criticism-Answers
@ Blog Walking- No Spam

Thank....