Saturday 2 November 2013

Subhanallah, Ini wajah Jakarta di tahun 2050


Anda bisa membayangkan jika Jakarta yang macet itu suatu saat bisa enggak macet lagi? Masihkah ada pikiran di kepala anda jika suatu saat banjir tak pernah lagi menyambangi kota karena sungai ciliwung yang membelah ibu kota Negara Indonesia ini menjadi sangat bersih dari sampah? Atau masihkah ada di mimpi anda bisa bermain-main dengan keluarga anda melepas penat di taman kota yang rimbun bersih dan bebas polusi udara? Bercengkerama dengan keluarga di hutan pohon bukan hutan beton seperti sekarang ini? 

Anda khususnya warga Jakarta nampaknya harus terus memupuk mimpi. Terlebih jalan menuju ke sana memang sudah terbuka lebar. Minimal menurut Kementerian PU lewat sayembara Gagasan Perencanaan dan Perancangan Kota: Green Metropolis Jakarta 2050. Sebuah sayembara yang di selenggarakan oleh dinas PU untuk memperingati Hari Tata Ruang Nasional. 

Menurut Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian PU Basuki Hadimuljono, Jakarta Green Metropolis mungkin saja bisa di wujudkan walaupun itu pada tahun 2050. Sayembara ini sekaligus sebagai visi yang luas dan komprehensif untuk menyelesaikan berbagai permasalahan sekaligus antisipasi bagi permasalahan perkotaan di 2050. 

Ini tentu saja menjadi angin segar bagi penduduk Jakarta yang memang sejak lama merindukan kota yang ditinggalinya berubah menjadi asri dan tertata. Bebas macet, banjir, kriminalitas, tata ruang yang buruk dan lain sebagainya. Selain itu Jakarta akan menjadi kota yang hijau dan bersih dengan tidak meninggalkan fungsinya sebagai kota besar sebagai pusat perdagangan dan pemerintahan. 

Anda masih bermimpi? Tetaplah bermimpi sambil berdoa dan berusaha untuk ikut mewujudkannya. Sembari menunggu anda selesai berdoa, ini akan saya kasih beberapa gambar rancang Jakarta di tahun 2050 mendatang.

wajah-jakarta-masa-depan
Jakarta Monorail (MRT) dengan
Latar belakang Monas
kali-ciliwung-2050
Salah satu sisi
Kali Ciliwung di tahun 2050


Masjid Istiqlal
Bakal punya halaman hijau

sidney-atau-jakarta
Ini daerah mana?
Jakarta atau Sidney?
waduk-buatan-indah-bersih
Duh Asrinya Jakarta
di masa depan
GBK-pada-masa-depan
Stadion Gelora Bung karno
dan hutan pohon yang melingkarinya
 Walaupun masih sebagai rancangan, paling tidak ada gambaran kedepan Jakarta akan menjadi seperti ini jika di garap dengan baik. Semoga pemandangan-pemandangan mengagumkan di atas selanjutnya bisa memotivasi masyarakat dan pemerintah Jakarta yang berwenang untuk mewujudkannya.

bumimahapatih, 031113

0 komentar :

Post a Comment

Please Comment Bellow, As:
@ Appreciation-Support
@ Criticism-Answers
@ Blog Walking- No Spam

Thank....