Friday 1 March 2013

HSG, Solusi Untuk Pasangan yang Sulit mendapatkan Keturunan



kehadiran-anak-penyempurna-kebahagiaan
hadirnya anak adalah peneyempurna kebahagiaa

Mempunyai anak adalah anugerah. Tapi apakah kawan juga tahu bahwa tidak mempunyai anakpun adalah anugerah?  

Semua hanya masalah pilihan, dan yang memilihkan adalah Allah Tuhan yang maha Esa. Sehingga kita tak berhak memilih kita punya anak atau tidak? Itu hak penuh dari-Nya.

Meski begitu semua orang pasti akan berharap punya anak. Di sadari atau tidak, keberadaan seorang anak akan menjadi pelengkap  kebahagiaan sebuah pernikahan. Sebagai penerus keturunan dan harta kekayaan.  Namun sekali lagi ini adalah sebuah pilihan kepunyaan Tuhan. Kalau tidak di kasih kita mau apa?
Tetap berusaha. Banyak sekali jalan yang di susguhkan oleh kemajuan perkembangan ilmu kedokteran yang berlari sangat cepat, mengalahkan Usain Bolt, manusia tercepat di dunia. Inseminasi buatan dan  Bayi tabung adalah dua contoh yang tenar untuk usaha mendapatkan anak. Sayangnya biaya keduanya tak mudah di jangkau oleh kita yang berkantong cekak.

Tapi jangan ciut nyali dulu. Buktikan bahwa kawan maklhuk Tuhan yang selalu berusaha. Apalagi sekarang di dunia Radiologi telah di kenal  sebuah pemeriksaan  yang mungkin bisa membantu pasangan untuk mendapatkan keturuan.  Namanya HSG atau Histero salphingografi.  Makanan apa lagi ini? 

Sebentar ya….Jangan terburu-buru. Temennya setan lo…mari kita runut satu satu, mulai dari factor ketidakberhasilan proses pembuahan sampai nanti membahas secara detail apa dan mengapa  HSG bisa jadi solusi bagi pernikahan-pernikahan childness

Hanya sebagian kita saja yang tahu bahwa kegagalan mendapatkan keturunan mungkin saja karena kegagalan sel sperma bertemu jodohnya yaitu sel telur atau ovum. Pada keadaan normal, Kedua  sejoli ini akan saling bertemu di dalam pelaminan yang bernama uterus. Nah, masalah akan terjadi jika sel ovum tidak bisa keluar dari pabrik pembuatnya yaitu ovarium sehingga pertemuan dengan sperma tidak akan terjadi. Karena tidak terjadi pembuahan, tak terjadi pula ( atas ijin-Nya ) janin yang diharapkan.

Foto-rontgen-HSG
Foto rontgen HSG. bagian putih adalah kontras Media
.
Masalah tidak bisa keluarnya ovum  bisa di sebabkan berbagai hal, hanya yang sering terjadi adalah tersumbatnya saluran tubafallopi ( saluran yang menghubungkan antara ovarium dengan uterus ). Penyumbatan ini bisa karena adanya kelainan di tuba fallopi sendiri atau karena bentuk anatomisnya memang begitu.  Menyempit bahkan tertutup. Kadang  juga adanya penyakit macam kista, polip dan endometriosis akan membuat keadaan makin runyam. 

Ada dua manfaat sebenarnya tujuan dari pemeriksaan HSG ini. Satu bersifat diagnostic juga bisa bersifat terapi. Secara diagnostic HSG akan membantu dokter untuk menentukan jenis kelainan dari yang di kandung badan pasien. Dengan begitu dokter akan menerapi baik dengan obat maupun operasi. Jika kelainan sebagai sumber kegagalan pembuahan telah teratasi, otomatis persentase terjadinya kehamilan akan semakin besar.  

Selain bersifat diagnostic, HSG juga bersifat terapi. Mengapa?

Pada prosedurnya HSG adalah sebuah tindakan menyuntikkan atau memasukkan suatu cairan khusus ( kontras media ) ke saluran reproduksi wanita per vagina ( melalui vagina ). Nah karena di dorong oleh cairan itulah kemungkinan terjadinya obstruksi ( penyempitan atau sumbatan ) di saluran tuba fallopi bisa teratasi. Bahasa awamnya adalah saluran ovum yang dulunya tersumbat, Karena dorongan cairan khusus itu, saluran itu akan terbuka sehingga sperma bisa menemui sang biduan yaitu ovum.

Dengan bertemunya sperma dan ovum maka akan terjadi perkawinan diantara mereka ( pembuahan ) sehingga akan terbentuk bakal janin atau embrio. 

Mau? Eit…tunggu dulu…tak serta merta pasangan yang belum punya momongan langsung ingin melakukan pemeriksaan ini. Seperti semua hal di bumi ini, HSG pun punya pengecualian pengecualian tertentu yang membuat seseorang tidak diperkenankan untuk melakukannya. Dalam istilah medis disebut kontra indikasi. Kontra indikasinya antara lain terjadinya perdarahan vagina yang berat, adanya infeksi organ genital baik di dalam maupun di luar, bahkan orang sedang menstruasipun tidak perbolehkan. Dan kontra indikasi yang paling haram adalah jika orang itu adalah laki-laki. He he he  

Oke, itulah HSG dengan segala kelebihan dan kekurangannya sebagai salah satu solusi untuk kawan sekedar berikhtiar mendapatkan keturunan. Tentu sangat bijak untuk berkonsultasi kepada dokter kandungan yang menangani kawan terlebih dahulu. Termasuk penjelasan prosedur pemeriksaan, biaya, serta kemungkinan terjadi nya efek samping.  Apalagi ini adalah pemeriksaan untuk pihak istri saja. Boleh jadi yang bermasalah justru  para suami, bukan?   

Bumi mahapatih, 0113

0 komentar :

Post a Comment

Please Comment Bellow, As:
@ Appreciation-Support
@ Criticism-Answers
@ Blog Walking- No Spam

Thank....