Monday 18 March 2013

Misteri Tentang Kidal (Left Handler), Terkuak!

Lucu juga melihat orang yang melakukan apa-apa dengan tangan kiri atau jamak orang menyebutnya kidal. Mulai dari menulis, menggambar, dan makan selalu tangan kiri yang lebih dulu maju. Demikian juga kakinya. Kaki kiri teras lebih cekatan dalam melakukan sesuatu. Lucu karena memang di dunia ini populasi orang kidal hanyalah 15% dari populasi total  dunia. Demikianlah selalu terlihat lucu, unik, aneh dan lain lain.pertanyaanya "apakah mereka saat melihat kita yang dominan kanan juga merasakan keanehan yang sama?"

Bisa iya bisa tidak. Hanya saja tak usahlah membedakan orang kidal dengan tidak. Toh sama-sama manusianya, sama-sama punya tangannya, sama-sama maklhuk tuhan-Nya. Namun demikian tetap saja  ada ciri-ciri khusus yang membedakan dengan dominan kanan (Right Handler). inilah ciri-cirinya :

barack-obama-presiden-amerika-kidal
Obama negarawan bertangan kidal
Karena didominasi otak kanan, biasanya seseorang yang kidal lebih kreatif, memiliki daya khayal dan imajinasi yang tinggi. Hal ini dikarenakan fungsi dari otak kanan yang mengatur hal-hal abstrak seperti seni, musik, olahraga, dan emosi sangat kuat. Maka kita mengenal Lionel Messi dan Robin Van persie sebagai wakil kidal di dunia Olahraga. Ada lagi Paul Mc cartney, gitaris the beatles itu tak pernah memetik gitarnya dengan tangan kanan. Bahkan Barack obama, sang presiden kulit hitam pertama Amerika, juga punya kecenderungan kidal.

Orang kidal dapat merespon stimulasi (rangsangan) dengan lebih baik sehingga kebanyakan orang kidal jago bermain game. Sekali lagi ini berhubungan dengan otak. dimana pusat gerak seseorang di atur di sana.

Lionel-messi-kaki-kidal-barcelona
lionel messi si dewa kidal
Namun bukan melulu kelebihan yang tersemat pada orang kidal. selain di anggap agak aneh, orang kidal juga punya beberapa kekurangan. sadisnya ini berhubungan dengan usia hidup seorang kidal.  

Menurut sebuah studi, orang kidal hidupnya lebih pendek dari yang tidak kidal. Sebuah studi menunjukkan bahwa perempuan bertangan kidal memiliki resiko meninggal lebih besar, akibat kanker dan "cerebrovascular" kerusakan pada pembuluh darah otak dan pembuluh  darah yang memasok darah ke otak.

"Meskipun itu dapat menjadi temuan yang menyimpang peluang dan buktinya jauh dari kesimpulan, banyak laporan telah menghubungkan kondisi kidal dengan bermacam gangguan dan, pada umumnya, masa hidup yang lebih singkat," kata beberapa peneliti Belanda, sebagaimana ditulis dalam laporan di jurnal epidemiology.

Hanya saja tidak mesti jadi right handler untuk punya harapan hidup lebih panjang. sampai saat ini masih belum bisa disimpulkan bahwa pengguna tangan kanan lebih baik dari pengguna tangan kiri. Demikian pula sebaliknya. Lebih-lebih kalau kita menghindari tangan kidal agar usia kita panjang. Tak usah khawatir bahwa kita kidal atau bukan. kita panjang umur atau pendek umur. Toh kidal atau tidak kidal itu hak Tuhan, demikian juga umur kita. Salam....


Bumi mahapatih,190313  


0 komentar :

Post a Comment

Please Comment Bellow, As:
@ Appreciation-Support
@ Criticism-Answers
@ Blog Walking- No Spam

Thank....