Saturday 25 January 2014

Cara agar mudah bangun untuk sholat tahajud


kiat-mudah-sholat-tahajjud
Sholat Tahjjud atau sholat malam memang tiada duanya.Bahkan keutamaannya tidak bisa di samai oleh satupun sholat sunnah lainnya. Karena itu Allah sangat menganjurkan sholat ini untuk ditegakkan. Pengamal tahajjud bahkan bisa membuat sangat dicintai oleh Allah karena amalnya tersebut. 

Namun, sebagaimana mutiara, akan selalu ditutupi cangkang dan keras. Untuk mendapatkannya kita mesti susah payah membuka dulu cangkang kerang yang keras itu. Demikian juga tahajjud, orang yang belum terbiasa akan sangat sulit mengamalkan sholat ini. Masalah utamanya adalah waktu utama pelaksanaan sholat tahajjud ini,  harus dilakukan pada malam hari setelah kita terlelap tidur.

Karena akan sangat berat meninggalkan nikmat tidur untuk bangun dan mengambil air wudlhu (walaupun setelahnya anda akan merasakan kenikmatan sholat tahajjud melebihi nikmat tidur). Karena itu tak jarang banyak orang dan ustad yang telah memberikan tips-tips agar kita tidak berat dan rajin melaksanakan sholat ini. Saya akan merangkumkannya untuk anda beberapa tips yang layak di coba agar anda bisa langgeng melakukan sholat tahajjud . begini caranya :

1. Tidur lebih awal

Melawan kantuk dengan tidur. Itulah kunci nya. Bagaimanapun bangun tidur, walaupun sudah pagi dan tidurnya sudah lama, adalah pekerjaan yang tidak karuan sulitnya. Apalagi iman kita yang masih tempe ini. Nah, pola tidur sepeti ini bisa kita lawan dengan tidur lebih awal. Sehingga bangunpun akan lebih awal. Setelah baca baca, Rasulullah dulu juga selalu begitu. Tidur di awal waktu, setelah itu terbangun di sepertiga akhir malam. habis itu tak pernah tidur lagi sampai pertengahan siang.

2. Belajar rutin tidur siang

Melawan kantuk tidur berikutnya adalah mencoba mengistiqomahkan tidur siang. Dengan begini kita akan mendapatkan banyak waktu istirahat sehingga saat kita ingin bangun untuk sholat tahajjud malam harinya tidak terlalu berat. Bahkan mungkin tambah semangat karena badan segar akibat cukup istirahat. Tidur siang juga baik, kok untuk kesehatan kita. Makanya, sempatkan tidur siang walau beberapa menit untuk dapat mereguk nikmat tahajjud di maam hari

3. Efektif beraktifitas di siang hari

Kalau lagi capek-capeknya, mungkin akan sangat sulit bangun malam untuk sholat tahajjud. Begitulah kalau tubuh terlalu keras di forsir untuk aktivitas. Akibatnya ketika kita ingin bangun malam untuk sholat tahajjud, akan mendapatkan  tantangan yang sulit dari si lelah yang masih menggerogoti tubuh kita. Tubuh lelah seperti ini juga akhirnya jadi alasan setan untuk meneruskan tidur kita saat kita terbangun di malam hari “ Ayolah, tidur saja....kamu kan masih capek...tidur lagi yuk....lain waktu kan masih bisa tahajjud “ kata setan.

4. Hindari makan berlebih

Makan berlebih memang enak, apalagi makanan itu adalah favorit kita. namun efek berikutnya adalah rasa malas dan kantuk yang juga tak kalah berlebihnya. Karena anda ingin melaksanakan sunnah nabi yaitu sholat tahajjud sebaiknya anda juga mesti malaksanakan sunnah nabi yang lain yaitu makan setelah lapar, dan berhenti sebelum kenyang.  Perut yang terlalu penuh dengan makanan akan membuat malas, kantuk dan kurang konsentrasi. Karena itu makanlah secukupnya agar jika terbangun di malam hari tidak tidur lag. 

5. Bersahabat dengan alarm

Selain pengusahaan lewat pola alami tubuh, kita juga bisa mengusahakan bangun di malam hari dari lingkungan luar. Misalnya alarm yang bisa kita setting sebelum kita tidur. Masalahnya ada beberapa dari kita yang bangun hanya untuk mematikan bunyi alarm lalu setelah itu bisa tidur lagi. Kalau masalahnya seperti ini kita bisa menyiasatinya dengan mensetting alarm dengan jeda 15 menit. Jadi setiap 15 menit kita akan bangun, kalaupun mau tidur lagi 15 menit berikutnya kita akan terbangun lagi dan terus seperti itu sampai pada ahirnya kita benar-benar terbangun. Selain itu letak dari alarm sangat menentukan, usahakan letakkan alarm yang di tempat yang agak jauh dari tempat tidur kita dan masih bisa didengar. Dengan begitu ketika kita akan mematikannya, akan membutuhkan usaha yang agak keras, dengan usaha tersebut diharapkan rasa kantuk akan lenyap dengan seketika.

6. Membentuk grup tahajjud

Ini adalah ide ustadz kondang yang pernah begitu dikenal oleh umat, dialah A’a gym. Beliau memberikan sumbangan idenya agar kita bisa bangun tahajjud dengan cara membentuk forum tahajjud.  Sesama anggota forum akan saling membangunkan untuk sholat jika sudah waktunya. Siapa yang terbangun lebih dulu dia yang akan membangunkan temannya yang mungkin belum bangun. Dengan demikian akan ada ikatan yang akan menambah motivasi dalam bertahajjud. Jadi ayo dong gabung gruptahajjud! jangan bisa gabung grup BBM atau face book doang!

7. Doa

Senjata utama dari setiap muslim adalah doa. Dimana saat semua usaha telah di lakukan, tindakan terakhir yang bisa diusahakan adalah dengan berdoa agar kita dimudahkan oleh Allah bisa bangun di malam hari untuk sholat tahajjud. Kebiasaan berwudlhu dan berdoa sebelum tidur adalah kebiasaan yang baik dalam usaha bangun ketika waktu utama sholat tahajjud tiba.



Meminjam istilah ustadz Yusuf Mansyur, syarat dan ketentuan berlaku bagi pelaksanaan tips-tips di atas. Semua hasil tergantung dari kesungguhan kita. Walaupun seluruh kiat sudah dilakukan, jika kita tidak terlalu bersungguh-sungguh, semua usaha itu akan menguap layaknya asap tertiup angin. Jika motivasi kita berlipat untuk bisa melakukan tahajjud, meskipun tidak menggunakan kiat di atas insya Allah tubuh akan otomatis terbangun pada saat waktunya sholat tahajjud. 

Ini pernah dituturkan Ust. Felix siauw bagaimana kebiasaan tahajjud bisa dipupuk dengan memebentuk karakter tahajjud itu selama 40 hari lamanya. Insya Allah setelah 40 hari rutin dilakukan, bangun di sepertiga malam akhir bukanlah sebuah keniscayaan. Bahkan yang memulai tidur jam 12 malam akan bisa bangun jam 2 dini hari karena saking rutinnya tahajjud dilakukan setiap hari.

Maka dari itu, kiat di atas hanyalah sarana atau pendukung saja. Kuncinya sebenarnya ada pada diri kita sendiri. Sekuat apa keinginan kita untuk bangun di malam hari dan mereguk nikmatnya sholat malam bernama  tahajjud. Itulah yang akan menentukan sukses tidaknya kita bangun untuk bertahajjud ria.

Bumimahapatih,240114


0 komentar :

Post a Comment

Please Comment Bellow, As:
@ Appreciation-Support
@ Criticism-Answers
@ Blog Walking- No Spam

Thank....