Monday 19 May 2014

Kebohongan bisa diketahui dengan metode-metode ini lo...

cara-melihat-kebohongan-seseorang
 Pernahkah anda ditipu oleh orang. Saya yakin sering, minimal pernah sekali waktu anda kena tipu yang merugikan anda, baik rugi waktu, uang maupun reputasi. Saya juga, berkali-kali saya tertipu sehingga beberapa rupiah yang di titipkan Allah kepada saya raib digondol tukang tipu. Saya yakin anda juga pernah, atau justru sering?

Jika anda sering kira-kira apa ya... yang menyebabkan kita mudah sekali tertipu? Apakah karena kita mudah iba? Apakah kita mudah percaya? Atau justru memang kita terlalu culun alias lugu? Mungkin ada benarnya, namun sebenarnya bukan itu faktor utama kenapa kita sering tertipu. Mau tahu faktornya? Faktor itu adalah sulitnya kita mengidentifikasi kebohongan seseorang.

Secara kasat mata memang kita amat sukar menentukan seseorang itu sedang berbohong atau tidak. Karena tanda-tanda dari seseoang yang berbohong itu sangat tidak spesifik. Tapi tahu tidak kalau sekarang telah dikembangkan banyak metode pendeteksian kebohongan. Dengan metode ini banyak orang yang akan diselamatkan dari tindak kejahatan penipuan atau akal-akalan orang lain yang bermaksud menipu. Metode-metode itu adalah :

1. lihat apa yang ada di dalam dadanya-Metode poligraph-

menebak-kebohongan-lewat-detak-jantung
Seseorang sedang diperiksa
dengan polygraph
Metode pendeteksian yang paling populer adalah cara pendeteksian dengan polygraph artinya kebohongan akan ditentukan oleh pemeriksaan reaksi autonomik atau sistem saraf periferal. Metode ini memeriksa segala sesuatu yang adad alm dada meliputi laju  pernafasan), tekanan darah, pembesaran pembuluh kapilar, detak jantung, dan juga pergerakan otot. Metode ini memerlukan alat khusus yang menmpel di dada dan tangan sebagai sumber informasi poligraph . kebohongan secara otomatis akan segera meningkatkan aktifitas organ di dalam dada maupun sistem syaraf, seperti naiknya tekanan darah, meningkatnya detak jantung, kontraksi otot dan lain-lain.

[11:5] Ingatlah, sesungguhnya (orang munafik itu) memalingkan dada mereka untuk menyembunyikan diri (innahum yatsnuuna shuduurahum) daripadaNya...., sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala isi hati

2. Lihat dengan seksama perubahan-perubahan pada wajahnya-facial analysis-


cara-mendeteksi-kebohongan-otot-wajah
Analisa wajah
dengan EMG
Menurut para ahli facial analisis ini menjadi sulit di lakukan jika diamati secara kasat mata. Seorang ilmuwan bernama Marian Stewart Bartlett meyakini bahwa jika seseorang berbohong, hal itu akan nampak pada di wajahnya. Namun sebagian besar orang tidak menyadari karena  ekspresi nya begitu cepat. Ekspresi semacam itu dinamakan mikro-ekspresi.

Kebohongan yang nampak di wajah ini bisa di deteksi dengan teknik EMG. EMG atau electromyography adalah suatu teknik mengukur aktivitas otot wajah dengan cara mendeteksi dan memperkuat impuls elektrik lemah yang dihasilkan oleh jaringan otot wajah ketika berkonstraksi.

"kamu akan mengenali pada wajah orang-orang kafir itu keingkaran" Al-Qur'an surah Al-Hajj ayat 72

3. dengarkan  tekanan suaranya -Speech analysis –

menebak-kebohongan-lewat-suara-nada
Data inilah yang
akan di olah oleh komputer
Metode ini memang tidak lebih baik  akurasi jika di bandingkan dengan metode diatas, namun penyempurnaan terus dilakukan sehingga para ahli yakin akan mendapatkan tingkat akurasi yang makin tinggi. Mitchell S. Sommers, Professor Psikologi di Washington University in St.Louis, meyakini saat ini, metode ini cukup efektif diterapkan untuk menentukan tingkat tekanan atau stress dari orang yang ingin di deteksi perkataannya.

Mantap tidaknya sebuah pembicaraan akan berasal dari keyakinan hati, Jika seseorang tidak yakin amak akan terlihat di dalam perkataannya terutama tekanan suaranya. Metode ini akhirnya menjadi salah satu metode yang digunakan mendeteksi kebohongan, terutama di dalam industri Asuransi. Keunggulannya adalah analisa kebohongan dapat dilakukan tanpa perlu bertatap muka langsung dengan orang yang ingin di deteksi

[47:30] Dan kalau Kami menghendaki, niscaya Kami tunjukkan mereka kepadamu sehingga kamu benar-benar dapat mengenal mereka dengan tanda-tandanya. Dan kamu benar-benar akan mengenal mereka dari kiasan-kiasan perkataan mereka (lahni l-qawli) dan Allah mengetahui perbuatan-perbuatan kamu.

4. Tatap matanya lekat-lekat - Eye tracking

menebak-kebohongan-lewat-mata-tatapan
Mata tidak bisa
berbohong
Suatu teknologi yang dinamakan "eye-tracking technology” telah dikembangkan oleh sekelompok ilmuwan dari University of Utah. Karena kecerahan prospek dari teknologi ini, eye tracking tekhnology telah digunakan sebagai salah satu alat pendeteksi kebohongan.

Yang menjadi obyek dari metode ini adalah mata. Bukan matahari, tapi mata orang yang di analisa kebohongannya. Metode ini mendeteksi dilatasi/pembesaran pupil mata, lamanya response pupil mata, waktu pembacaan (reading) dan pembacaan kembali (rereading). Data-data ini di rekam untuk di analisa saat orang yang akan di deteksi kebohongannya menjawab pertanyaan benar atau salah di dalam komputer.

Dibandingkan metode-metode sebelumnya, metode ini memiliki biaya yang lebih rendah, waktu analisa yang seperlima kali lebih cepat, dan lebih simpel dalam pengerjaanya karena orang yang ingin di deteksi tidak perlu ditempeli alat apapun. Metode ini juga tidak memerlukan ahli polygraph untuk menganalisa.

[40:19] Dia mengetahui mata yang khianat (khainata l-a'yuni) dan apa yang disembunyikan oleh hati.

5. Lihatlah secara life organ sumber kebohongan- fMRI


fMRI-melihat-kebohongan-otak
ketahui kebohongan
langsung dari sumbernya
Suatu metode yang dikenal dengan nama Functional Magnetic Resonance Imaging (fMRI) digunakan saat ini sebagai salah satu alternatif untuk mendeteksi kebohongan. teknik ini menampilkan penggunakan oksigen di dalam otak, yang memungkinkan untuk mengidentifikasi otak bagian mana yang menggunakan oksigen lebih banyak untuk kerja-kerja atau kegiatan tertentu. Termasuk saat seseorang berbohong.

fMRI mendeteksi kebohongan langsung dari "sumber"nya, yaitu dengan mendeteksi adanya peningkatakan aktivitas pada bagian prefrontal lobe di otak ( bagian otak di bagian depan atas ). Metode ini telah di uji coba beberapa kali dan hasilnya sungguh memuaskan. pendeteksi kebohongan dengan menggunakan fMRI bekerja dengan baik.

96:13-16] Bagaimana pendapatmu jika orang yang melarang itu mendustakan dan berpaling? Tidakkah dia mengetahui bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya? Ketahuilah, sungguh jika dia tidak berhenti (berbuat demikian) niscaya Kami tarik ubun-ubunnya , (yaitu) ubun-ubun (orang) yang mendustakan/berbohong lagi durhaka/berdosa


Metode-metode di atas memang tidak mmeberikan seratus persen keakuratan dalam mendeteksi kebohongan. Namun setidaknya jika ingin serius seseorang bisa mendeteksi kebohongan perkataan orang lain. Metode-metode di atas telah banyak di terapkan untuk memudahkan berbagai fihak yang memang membutuhkan kejujuran dalam mendukung  aktifitas indifidu maupun perusaannya.

Bagaimana kita menerapkannya jika metode di atas membutuhkan alat yang cukup rumit?

Memang tidak serta merta bisa diterapkan sih, hanya saja kita tentu bisa mengambil poin-poin dari metode pendeteksian di atas. Misalnya jika ada orang yang tiba-tiba perkataannya jadi ragu-ragu, terbata-bata dan sering keplintir-plintir, kita bisa mencurigai kalau dia sedang berkata dusta. Tatap matanya, jika tiba-tiba berkali-kali ia menghindari bertatap memandang kita boleh jadi matanya sedang menyembunyikan kebohongan kan. Demikian juga ketika air muka seseorang berubah, menjadi pusat pasi, mungkin saja ia sedang terjadi stres pada otot-otot mukanya akibat kebohongan yang coba ia tutup-tutupi. kebohongan adalah sebuah dosa, dan dosa selalu membuat seseorang menjadi was-was dan gelisah. Kegelisahan inilah yang akan menimbulkan perubahan pada detak jantung, mata, wajah dan ucapannya.

Mari berlindung dari hasutan para pembohong yang terkutuk.

Bumi mahapatih, 150514

0 komentar :

Post a Comment

Please Comment Bellow, As:
@ Appreciation-Support
@ Criticism-Answers
@ Blog Walking- No Spam

Thank....