Friday 14 February 2014

7 cara ekstrem biar mudah sholat tahajjud

cara-gila-bangun-tahajjud-sholat
Walau saya sudah berhasil memaparkan tips dan kiat sholat tahajjud yang ada pada artikel "kiat mudah sholat tahajjud' Tapi rasa rasanya saya perlu memaparkan cara lain yang beda dengan pembahasan saya sebelumnya. Bukan karena cara yang sebelumnya kurang efektif atau kurang manjur, namun lebih karena cara-cara yang saya paparkan sebelumnya adalah cara standart yang mungkin sudah banyak orang coba dan kadang tidak berhasil. 

Karena kurang sukses itulah mungkin diperlukan cara yang diluar standart atau boleh dibilang cara yang ekstrem atau anti mainstream. yah, tahu sendirilah sifat dasar manusia yang memang selalu suka mencoba halhal baru, termasuk mencoba cara ekstrem agar kita bisa bangun untuk menjalankan ibadah yang sangat dianjurkan oleh agama yaitu sholat tahajjud. 

Cara ekstrem seperti ini juga sangat diperlukan agar orang orang yang sejak dari dulu punya gen bengal atau ndablek tapi sangat ingin sholat tahajjud, bisa benar-benar melaksanakan sholat ini. Orang bengal memang kadang-kadang perlu pemaksakan diri agar bisa patuh dengan prosedural dalam menggapai sesuatu. cara ini mungkin juga bisa dicobakan kepada orang yang punya kadar malas yang tidak ketulungan. melakukan yang ringan saja malas apalagi harus melakukan yang berat-berat.

Nah, mungkin cara ini bisa menolong dua tipe manusia diatas agar mereka bisa bangun dan konsisten mengerjakan sholat tahajjud di sepertiga malam terakhir. 

dan seperti inilah cara cara akstrem itu : 

1. Memasang alarm dengan bunyi hantu

Alasannya adalah agar hormon adrenalin di tubuh kita terpacu dan kita segera mengumpulkan kesadaran sesaat setelah bangun. Hormon adrenalin akan keluar saat kita stres, nah stres inilah yang selalu membuat orang bisa terjaga baik itu saat bangun tidur atau dalam kondisi ngantuk berat. 

tapi apakah cara ini efektif  untuk kita yang tidak takut hantu? bisa saja tidak. Tapi ingat bahwa pada saat kita terbangun dari tidur lelap, kesadaran kita masih belum pulih benar. Jadi kita masih belum bisa membedakan apakah itu suara hantu beneran atau hanya rekayasa buatan kita sendiri. Jadi mau kita tak takut sama hantu sekalipun pasti kita akan dibuat kaget dengan bunyi alarm aneh semacam itu. ( Warning : Cara ini berbahaya bagi yang kagetan dan rasa penakutnya tidak ketulungan ).

2. Tamparan istri / suami

Alasannya pada saat kita ditampar akan melibatkan banyak indera di sana. Selain indera perasa, kita juga melibatkan indera pendengar suara tamparan, hati kitapun berbicara karena miris seraya bertanya dalam hati, bisa-bisanya kita ditampar oleh orang yang kita sayangi sendiri. he2. Mau coba? Kalaupun enggak terlalu tega, atau takut di anggap KDRT kita bisa membangunkan atau dibangunkan dengan meminta pasangan kita buat mencubit kita. ( Warning : Cara ini tentu saja hanya cocok bagi suami istri. Yang masih jomblo. terima nasib saja...he he ) 

3. Tidak menggunakan obat nyamuk 

Cara ini adalah cara yang pernah di wariskan guru agama saya sewaktu sma bahwa agar kita bisa bangun tahajjud, kita mesti sengaja tidak menggunakan obat nyamuk bakar, semprotan nyamuk dan spenisnya. Dengan begitu saat kita memang benar-benar terganggu dengan gigitan atau suara berdengung sayap nyamuk kita akan otomatis terbangun dari tidur kita. Dalam tips ini kita menggunakan gigitan nyamuk sebagai alarm alami untuk membangunkan kita saat kita tertidur lelap.

4. Kasur no, tikar yes

Dalam sejarah nabi dikatakan bahwa rosulullah tidur beralaskan pelepah korma atau kalau di jaman sekarang mungkin tikar. Memang ini sengaja dilakukan oleh beliau adalah untuk memberi contoh kepada kita tentang makna kezuhudan/kesederhanaan. Bahwa walau beliau waktu itu sudah menjadi pemimpin umat dengan gelimang harta yang tak terbilang, beliau tetap tidur beralas pelepah korma. Tidur dengan alas keras semacam tikar juga sangat efektif untuk membuat tidur kita tidak terlalu nyenyak, sehingga saat terbangun dari tidur tidak terlalu malas untuk segera mengerjakan sholat .

5. Menyiramkan air ke muka 

Siapkan selalu sebaskom penuh air di dekat pembaringan anda. Saat anda terbangun karena alarm atau dengan cara lainnya segera ambil beberapa ciduk air. atau boleh juga membasahi tangan anda dengan air tersebut. perasaan malas beribadah adalah karena gangguan setan. Setan itu berasal dari api, nah api hanya bisa di padamkan dengan menggunakan air.


6. Jauhkan kasur dari sajadah 

Setelah kita berhasil bangun dari pembaringan dan bisa sholat serekaat dua rekaat, tantangan berikutnya adalah rasa kantuk yang kembali muncul. Rasa kantuk ini dirasakan akan semakin menjadi jadi manakala ada sarana untuk meneruskan rasa kantuk itu menjadi tidur. Nah, karena itu usahakan anda sholat tahajjud jauh dari barang barang seperti kasur, springbed atau sofa empuk. karena barang-barang tersebut akan selalu menggoda kita untuk tidur kembali setelah kita berhasil bangun.

7. Minum banyak sebelum tidur

Salah satu pesan para ahli kesehatan adalah sebelum tidur anda sebaiknya minum banyak air. Ini tentu sangat baik bagi metabolisme dalam tubuh anda. Kata mereka juga, bahwa tubuh kita ini 80 % terdiri dari air, makanya tidak salah kiranya jika kita minum banyak air sebelum tidur. Nah, kebiasaan ini ternyata baik juga bagi yang ingin rutin mengamalkan sholat tahjjud di malam hari. 

Bagaimana tidak ketika kita meminum air sebelum tidur, beberapa jam kemuadian setelah kita terlelap bisa dipastikan kita akan terbangun lagi untuk buang air kecil. Ini semacam alarm alami yang berasal dari dalam tubuh kita. Kita akan  merasakan sakit di bagian kemih, rasa sakit inlah yang membuat kita terbangun dari tidur dan segera ingin buang air. Tips berikutnya setelah terbangun segera ambil air wudlhu, mumpung anda sedang di kamar mandi dan sanagt dekat dengan sumber air. 


Itulah beberapa cara ekstrem agar kita bisa bangun mengerjakan sholat tahajjud. karena caranya ekstrem, hasilnyapun juga ekstrem. Bahkan kadang kadang efek sampingnya juga ekstrem.

maka yang diperlukan adalah gunakan kiat-kiat diatas sesuai dosis yang tepat. Artinya menggunaakn tips di atas juga harus mengetahui situasi dan kondisi anda masing masing. Jangan asal tancap aja.  

Sekian dulu. Salam manfaat!

bumimahapatih, 150214

0 komentar :

Post a Comment

Please Comment Bellow, As:
@ Appreciation-Support
@ Criticism-Answers
@ Blog Walking- No Spam

Thank....