Thursday 25 April 2013

Ternyata Pemicu Bom BostonAdalah Harlem Shake


harlem-shake-pemicu-bom-boston
Seseorang yang memakai Helm, pemicu tarian Harlem
Kalau masih ingat video Harlem shake yang menggemparkan itu, anda juga pasti masih ingat bom Boston yang tak kalah menggemparkan, utamanya publik Amerika yang masih trauma dengan tragedi WTC 11 september. Dua peristiwa ini terjadi dalam rentang waktu tak begitu lama. Hanya saja kemasan dua peristiwa ini tidak sama. Harlem shake diciptakan untuk senang-senang sedang bom Boston di ciptakan untuk kekacauan. Namun Siapa yang menyangka kedua momen besar ini sebenarnya mempunyai keterkaitan yang erat satu sama lain karena Bisa jadi tarian Harlem Shake memicu terjadinya Bom Boston. Wow...

Bagaimana ceritanya? Mari kita review ulang dimulai dengan pertanyaan, apa itu Harlem shake?
Tak ada yang bisa menyimpulkan nama, maksud dan tujuan diciptakannya tarian ini selain Al bee/ Al B alias Sisqo, seorang pria asal Harleem, New York, Amerika serikat yang menciptakan tarian ini. Dia mengatakan “Goyang orang yang sedang mabuk, ini merupakan goyang yang mabuk alkohol, tapi itu fantastis, semua orang menghargai hal itu.” Ia menambahkan bahwa tarian itu berasal dari bangsa Mesir Kuno dan menggambarkan sebagai tarian para mumi. Karena mereka semua dibungkus mereka tidak bisa benar-benar bergerak, yang bisa mereka lakukan adalah bergoyang.

Oh...jadi si Al Bee emang menciptakan tarian untuk orang mabuk, sakau atau yang lagi trance gitu to...kayak orang kemasukan setan kali ya...

Makanya, tiap kali kita melihat video harlem shake ini, bagaimanapun versinya, akan selalu didapati seorang bertopeng  yang mula-mula bergerak-gerak secara serampangan. Pelan-pelan menghampiri kerumunan orang yang terlihat sedang jenuh, dan pikiran kosong. Beberapa saat kemudian orang-orang yang sedang bengong itu tiba-tiba ikut menari bersama seorang bertopeng itu dengan gerakan yang sama-sama ‘gila’nya. Mereka seperti kesurupan dengan sarana minuman beralkohol.

Namun saya kira yang menjadikan kehilangan kesadaran itu bukanlah alkoholnya, namun semata-mata itu adalah pengaruh dari seseuatu yang lain, yah,,...boleh lah dikatakan kalau itu adalah pengaruh setan yang pada tarian itu di representasikan sebagai orang bertopeng yang muncul dan menari pertama kali. Di bawah komandonya, orang-orang lain yang bengong itu akhirnya ikut menirukan gerakan mabuk seperti dirinya, seperti sedang kesurupan.

Saya mengatakan bahwa tarian ini sangat anti sosial. Misi tarian ini adalah bagaimana menghancurkan atau merusak tatanan masyarakat yang rapi, aman tenteram yang mainstream menjadi tatanan sosial tanpa aturan. Tatanan masyarakat baru yang penuh kebebasan dan serba permisif. Semua orang bebas melakukan apapun sesuai kehendaknya. Dan pemikiran seperti ini identik sekali dengan sifat setan yang selalu suka dengan situasi chaos di tengah kehidupan manusia.Seperti halnya Bom yang meledak di antara kerumunan penonton lomba lari marathon Boston pada tanggal 15/04/2013 lalu.
bom-boston-kerjaan-harlem-shake
Saat sebuah bom meledak di kerumunan orang di Boston

Nah, saya menduga pelaku bom Boston ini terinpirasi oleh video harlem shake yang sudah di unggah di youtube sebanyak 67 ribu buah dan sudah di tonton jutaan orang di seluruh dunia itu. Nampaknya pelaku menangkap maksud dan tujuan diciptakannya video Harlem shake itu. Pelaku mungkin tidak suka dengan suasana yang kondusif, aman, terkendali penuh dengan keceriaan yang dirasakan oleh setiap orang yang menonton pergelaran lomba lari Marathon Boston .

Pelaku yang katanya FBI bernama dzhokar dan Tamerlan Tzarkhaev-pun (entah benar entah tidak?) punya inisiatif menjadi seorang bertopeng yang berusaha merusak suasana serba teratur itu. Mereka pun ingin mengkomando agar setiap penonton mau mengikuti apa yang mereka instrusikannya. Lalu, duar! Ia berhasil membuat setiap penonton lomba lari marathon Boston itu bergerak di bawah komandonya. Setelah ledakan itu, para penonton lari tunggang langgang kesana kemari dengan gerakan yang tidak beraturan seperti orang paranoid yang sedang dirasuki ketakutan mendalam. Nah situasi paska meledaknya bom Boston tersebut mirip sekali bukan dengan tahapan-tahapan dalam tarian harleem shake? Dimana pada akhirnya suasana menjadi kacau dan orang-orang bergerak semrawut kesana kemari sesuka hati seperti orang-orang yang mabuk dalam video Harlem Shake? Itulah benang merahnya.

Oh ya...anda mungkin agak kurang jelas dengan kata-kata yang ada pada musik tarian Harlem shake. Lirik lagu Harlem itu adalah “Colos terorrista”. Kata-kata pendek dengan bahasa Spanyol itu berarti “bersama teroris / protokol teroris”. Aneh bukan? Kalau tarian harlem shake ini di buat untuk senang-senang atau menghibur diri saja, kenapa gak pakek kata-kata yang lebih santai saja misanya “ asik-asik jos! “ atau asololoe”?. Kenapa mesti pakai kata-kata “ bersama teroris’ yang terkesan menyeramkan ini? Secara kebetulan orang pertama yang muncul mengenakan topeng, artinya ia tak mau identitasnya di ketahui oleh orang lain. Sangat identik dengan ciri-ciri teroris, pengacau rampok dan lain-lain yang selalu menutupi wajahnya dengan sesuatu dengan tujuan agar identitasnya tidak diketahui oleh publik. Hmmmm.....

Entah benar atau memang tepat saya menduga bahwa harlem shake sangat menginspirasi orang-orang yang menontonnya berbuat sesuatu yang keluar dari koridur aturan yang ajeg asal mereka senang dengan tindakannya tersebut. Dan yang paling terinpirasi oleh pemikiran ini adalah “teroris”, termasuk yang meledakkan bom di Boston beberapa waktu lalu.

Note : tulisan ini murni penilaian pribadi penulis yang berasal dari otak-nya yang suka usil, bukan pendapat seseorang atau institusi tertentu. Apalagi bisikan gaib, he4

0 komentar :

Post a Comment

Please Comment Bellow, As:
@ Appreciation-Support
@ Criticism-Answers
@ Blog Walking- No Spam

Thank....