Saturday 27 April 2013

Rahasia Lampu Allians Arena dan Profil Stadion Terlengkap


Si Perahu karet, itulah julukan Allians Arena. Disebut demikian karena  bantuknya seperti perahu karet, seakan-akan bisa di pompa dan dikempiskan seenak hati.   Duh… Siapa sih yang menampik keunikan stadion markas Bayer Munchen dan TSV 1860 munchen ini? 

Allians-Arena-Milik-Bayern-Munchen-dan-TSV1860-Munchen
Allans tampak dari udara
tempat-duduk-selalu-penuh-pendukung-FC-hollywood
Selalu di penuhi Supporter FC Bayer Munchen
Keunikan arsitektur  stadion ini tak terlepas dari kerak stadion yang terletak paling luar.  Bagian kerak itu terdiri dari foil-foil berbentuk belah ketupat yang berisi udara setebal hanya 0,2 mm. Tentu saja sangat rentan rusak. Tapi jangan kuatir, karena ada petugas khusus yang melakukan pengecekan secara periodik dan siap mengganti apabila ada kerusakan. Jangan kira sama dengan stadion-stadion di negeri kita lah….
 

waran-unik-allians-arenaKeunikan stadion ini akan menjadi-jadi waktu senja mulai surut dan malam mulai bertandang. Karena Foil-foil berisi udara itu akan memancarkan sinar yang menakjubkan.  Sinar itu berasal dari panel-panel (total 1056 panel) yang masing-masing  berisi tiga lampu yang menyala secara bersamaan.  Sehingga keindahan malam di atas stadion Allians akan begitu mempesona. Makin menyemarakkan suasana kota Munchen yang memang sudah indah.  Anda pasti akan ingin berlama-lama melihatnya. Yang belum bisa melihat langsung, silahkan dinikmati foto-foto Allians arena malam hari seperti di samping


Berwarna-warni bukan?  Pemakian warna lampu luar stadion itu bukannya tanpa maksud. Setiap warna yang berbeda akan mewakili sebuah momen tersendiri. Seperti jika Bayern Munchen bertanding warna stadion akan berubah menjadi merah. Warna yang identik dengan warna jersey Bayer munchen. Fotonya seperti ini,  lo….


warna-merah-saat-bayern-munchen-main
Merah, Saat Bayer Munchen bertanding

Jika tiba-tiba warna staadin berubah biru, maka pasti di dalam sana sedang berlangsung pertandingan TSV 1860 Munchen dengan lawannya. Maklum stadion ini adalah markas dua klub sepakboal Jerman selaigus, selain FC Bayer munchen ada juga TSV 1860 Munchen walau pada akhirnya kepemilikan ada di tangan manajemen Bayer karena TSV 1860 Munchen  mengalami krisis keuangan . 
biru-saat-TSV1860munchen-Main
Biru, Saat TSV 1860 Munchen bertanding

Memang, stadion ini milik Bayer Munchen tapi secara internasional Stadion ini milik Jerman. Makanya ketika kebetulan Allians Arena digunakan untuk pertandingan Timnas Jerman. Lampu luar stadion akan berubah warna jadi putih. Warna kebanggan jersey Mesut Ozil dkk. 



putih-saat-timnas-jerman-main
Putih saat Timnas Jerman main

Bukan itu saja, dengan sangat “iseng” lampu stadion akan dirubah “seenak udel sendiri” oleh manajemen Stadion.  dalam momen-momen tertentu yang dirasa sangat spesial, lampu pun akan diubah diluar warna main stream nya ( merah,biru,putih). Seperti halnya waktu Allians Arena menjadi tuan rumah Final UEFA Champion League 2012-setahun kemarin. Penampakannya bisa dilihat seperti di bawah ini .

saat-final-liga-champion-2012
Saat Final Liga Champions 2012

Lalu jika Stadion berwarna hijau seperti di bawah ini, kira-kira di dalam stadion sana sedang di adakan apa ya? 

saat-perayaan-St.Patrick-day
Saat hari St. Patrick

Pastinya bukan kampanye PKB, apalagi Demokrat. Namun Allians akan berubah menjadi hijau saat perayaan Saint Patrick Day, untuk menghormati hari Saint Patrick, seorang santo penyebar agama Kristen di Irlandia, Meskipun, hari ini adalah hari besar Negara Irlandia, namun beberapa Negara juga ikut merayakan hari ini. Tengok saja Negara-negara semacam Inggris, Australia, Kanada dan tak ketinggalan Jerman. 

Allians pernah juga tertangkap kamera berwarna Orange dan biru aneh seperti foto di bawah ini :

Orange?
Sumber yang tidak begitu terpercaya mengatakan saat Allians berwarna Orange itu tandanya Borussia Dortmund sedang main. Tapi bukankah Dortmund punya stadion yang lebih besar dan megah sekelas Signal Iduna Park yang kapasitas tempat duduknya lebih banyak dari Allians? Lagian, warna kebesaran Dortmund adalah kuning bukan Orange, kalau Orange itu Persija. Namanya aja sumber tidak begitu terpercaya, Ya, jangan terlalu di percaya. Setuju?

Yang satu ini lebih aneh lagi, 


kerjaan hoax
Saya dapat foto ini Cuma-Cuma. Entah benar entah hanya kerjaan hoax, Allians menjadi lebih aneh saat berwarna seperti ini. Karena bukannya lambang Bayern yang terpampang di sana, malah lambang musuh bebuyutannya yaitu Hamburg SV. Akankah Allians telah di kudeta oleh Hamburg/Hamburger SV dan mengakuisisi markasnya? Siapa yang tahu? Tapi kalau dicermati lagi foto di atas, memang benar kalau itu hanya kerjaan Hoax. Lambang kotak di tengah strip biru itu begitu mencurigakan karena saking simetrisnya. Iya kan? 

Warna-warni Allians begitu dinamis dan menggairahkan, ini mutlak di perlukan agar Allians selalu bisa di nikmati setiap saat dan tidak membosankan. Berikut ini saya tampilkan juga penampakan Allians dengan warna-warna lain. Saya yakin  foto-foto  berikut bukan kerjaan hoax .  Enjoy  it!































Setelah mata puas dengan foto warna warni di atas kini saat nya anda mengetahui lebih detail tentang profil lengkap si perahu karet di bawah ini. Data di bawah ini saya kumpulkan dari www.wikipedia.com dengan beberapa penambahan. Ceki dot !

Profil Allians Arena


suasana-dalam-stadion-saat-pertandingan-kosong













Nama :

Allians Arena Munchen Stadion
setelah perusahaan Asuransi kenamaan asal Jerman, Allians memiliki membayar mahal untuk penamaan saham satdion. Dulu sebelum itu, stadion ini bernama FIFA World Cup Stadium Munchen

Lokasi :

Werner-Heisenberg-Allee 25
80939 Munchen, Jerman
berjarak 11 km dari pusat kota munchen, 

Pemakai

FC Bayern Munchen
TSV 1860 Munchen

Mulai pembangunan

21 Oktober 2002

Mulai di buka

30 Mei 2005
saat pertandingan persahabatan anatara  TSV 1860 Munchen dengan FC Nernberg

Biaya pembuatan

340 juta
Arsitek
Herzog dan de Meuron
Arup Sport

Permukaan Lapangan

Rumput
Perawatan rumput lapangan rutin dilakukan. Terdapat orang-orang khusus yang bertugas menjaga kualitas dari rumput yang ada di lapangan (plant protector). Mereka harus menjaga suhu, kelembaban, nutrisi serta pasokan sinar matahari agar rumput tetap segar. Hama dan penyakit sebisa mungkin dihindarkan dari rumput-rumput ini. Dan yang paling penting, tinggi serta ketebalan rumputnya pun dijaga dan disesuaikan agar pemain dapat bergerak lincah di atasnya. 

Kapasitas Tempat duduk 

71,137 (liga)
67,812 (internasional)
Saat pertandingan Internasional kapasiatas stadion ini akan menjadi 67.812, karena areal berdiri di tiadakan dan di isi dengan bangku bangku. Di bagian atas tribun terdapat ruang untuk VVIP, media dan uniknya di bagian lain dari stadion ini diperuntukkan untuk kaum divable

Ukuran Lapangan

105m x 68m

Dimensi Lapangan :
  • Stadium: 258 m x 227 m x 50 m
  • Playing level: 120 m x 83 m
  • Area Rumput: 111 m x 72 m
  • Lapangan: 105 m x 68 m
  • Lahan parkir: 270,000 m²
Konstruksi
  • Total beton untuk stadion: 120,000 m³
  • Total beton untuk lahan pakir: 85,000 m³
  • Total baja untuk stadion: 22,000 ton
  • Total baja untuk lahan pakir: 14,000 ton

 Bumi Maha Patih, 27042013





0 komentar :

Post a Comment

Please Comment Bellow, As:
@ Appreciation-Support
@ Criticism-Answers
@ Blog Walking- No Spam

Thank....