Tuesday 30 April 2013

Kisah Tiga Pesepak Bola Bernama PEPE

:) PEPE-nya  Liverpool, PEPE-nya Real Madrid, atau PEPE-nya Juventus?


Di liga Spanyol kita mengenal Pepe sebagai bek tanguh asal klub  Real Madrid yang kesohor itu. Di Liga Inggris siapa yang tidak mengenal Pepe reina, kiper berkepala plontos yang walau hebat tapi suka membuat blunder. Tak ketinggalan di Serie A Italia tepatnya di klub Juventus pada line up-nya kadang tersemat nama Simone Pepe. Nama mereka bisa sama, tapi sebenarnya kewarganegaraan  mereka berbeda. “Pepe” Keppler berkebangsaan Portugal,  Pepe reina seorang Spanyol,  Sedang Pepe yang Simone adalah  pria Italia ting ting. Kok bisa ya…3 warga negara dengan latar belakang bahasa beda tapi punya satu nama yang sama.? PEPE!
simone-pepe-gelandang-juventus-italia

Saya coba buka yang namanya google translate lalu  mengetik kata PEPE di sana. Saya konfersi dari bahasa italia ( sesuai kewarganegaraan Simone ) ke bahasa Indonesia. Hasilnya cukup unik. Dalam bahasa Italia Pepe berarti Lada. Bisa juga diartikan Paprika, cabai dan merica. Hmmm… pedas-pedas semua ya… Sedang kata Simone berasal dari kata Simon yang artinya Tuhan  telah mendengar. Kalau di gabungkan akan berarti Tuhan telah mendengarkan Lada.  Jadi aneh ya artinya….? :)



Pepe-Reina-Kiper-Liverpool-Inggris
Sekarang pindah ke Pepe satunya. Dialah Pepe Reina.  Kipel Liverpool ini berkebangsaan Spanyol makanya saya men-translate nya ke dalam bahasa Spanyol yang berarti Semoga Tuhan menambahkan. Reina berarti Ratu atau kejayaan.  Jika digabung artinya ‘semoga tuhan menambahkan kejayaan’. Kalau yang ini cocok sekali menjadi arti nama. Tepatnya Di cocok-cocokkan. :P Tapi sayangnya, nama P
epe bukanlah nama sebenarnya, ia hanya nama panggilan saja. Nama aslinya adalah Jose Manuel Reina Peres.


pepe-bek-real-madrid-Spanyol
Kini giliran si Bengal Pepe-nya Real Madrid. Kebetulan dia adalah warga Portugal. Maka saya ketik nama Portugal di google terjemah. Dan hasilnya nihil. Saya tak menyerah. Saya ingat kalau dia adalah imigran Brazil yang menetap di Portugal, maka saya coba search berdasarkan bahasa bangsa leluhurnya. Dan sialnya Brazil adalah bekas jajahan portugal, jadi bahasanya pakai bahasa Portugal. Hadah….mana mungkin ada nama yang tak berarti? Apakah memang Pepe real  tak punya arti? Dari historinya ternyata benar begitu adanya. Konon nama Pepe adalah nama pemberian ayahnya yang kesulitan memanggil nama anaknya itu karena kepanjangan. Nama Pepe sendiri adalah Kepler Laveran Lima Ferreira. Baru kali ini mendengar ayah yang kesulitan memanggil nama anak nya. Nama itu ia buat sendiri lagi! Hmm…


Jadi anda lebih percaya yang mana? Pepe yang pertama, kedua atau malah yang ketiga? Dari arti namanya Pepe Reina mungkin yang paling benar. Sedang kalau melihat keaslian nama, mungkin Pepe-nya Juventus adalah yang terbenar walau artinya agak kacau. Atau anda lebih memilih si PEPE plontos nan kontrofersial milik Rel madrid karena lebih terkenal dari pepe yang lain.


Kalau saya lebih memilih Wallahu alam bishowab saja.  Karena saya orang Indonesia yang bersuku jawa. tidak benar-benar tahu arti kata dari bahasa selain bahasa Indonesia dan jawa. Lagian saya berpikir bapak mereka tak mungkin memberi nama yang salah atau nama yang berarti jelek bagi anak-anaknya.


Ah sudahlah apa sih arti nya sih sebuah nama? Yang penting kita enjoy….


Oh, ya. Ada satu lagi nama Pepe yang terlupa. Coba Lihat foto di bawah ini.



pele-legenda-hidup-brazil


Kira-kira apa arti nama PEPE pemain bola di atas? Hayo,,,,….



Bumimahapatih, 300413

0 komentar :

Post a Comment

Please Comment Bellow, As:
@ Appreciation-Support
@ Criticism-Answers
@ Blog Walking- No Spam

Thank....