Tuesday 20 May 2014

Fakta mengerikan tentang polusi udara yang masih jadi rahasia


Kita mungkin hanya mengetahui bahwa polusi udara itu mengganggu kesehatan. Namun tak pernah seratus persen mengerti mengapa polusi itu mampu membuat kesehatan kita terganggu. Namun mau bagaimana lagi? Memang seperti itulah adanya. Itu adalah konsekuensi anda tinggal di lingkungan berpolusi. Terima saja...

Anda yang tinggal di lingkungan perkotaan dengan jumlah kendaraan bermotor yang amit-amit. Terima saja situasi anda yang dikepung oleh berbagai macam jenis radikal bebas. Apalagi anda yang tinggal di daerah pabrik. Jangan menyangka kalau asap pembakaran dari cerobong pabrik itu melambung ke atmosfer begitu saja, sedikit atau banyak, polusi nya akan terhirup oleh anda juga. 

Berikut ini beberapa fakta kesehatan yang berhubungan dengan polusi udara yang belum banyak orang tahu. Jika anda sudah tahu. Sudah, terima saja....!

  • Bernapas di kota metropolitan yang 
  • tinggi polusi udaranya bisa mengurangi angka harapan hidup sampai 3 tahun. Jakarta?
  • Sarana transportasi seperti bus, truk, kereta api dan kapal laut menyumbang 90 % resiko kangker yang terkait dengan polusi udara
  • Pembuangan gas mesin diesel dinyatakan mengandung lebih dari 40 bahan yang termasuk polutan mematikan.
  • Asap rokok 20 kali lebih berbahaya dari emisi mesin diesel. Ini disebabkan banyak sekali zat-zat yang menjijikkan yang ada di dalam rokok
  • Dalam kondisi jalanan padat, polusi udara luar bisa masuk ke dalam mobil. Akibatnya udara dalam mobil mobil justru lebih berbahaya dari udara luar (wah...!?)
  • Setiap kapal yang bongkar muat di pelabuhan mengeluarkan sekitar 1 ton asap dan polusi beracun.
  • Orang yang hidup, bekerja dan bersekolah disekitar kawasn lalu-lintas pelabuhan atau sekitar rel kereta api menghadapi resiko kangker paru-paru yang tinggi.
  • Bagi anak-anak, polusi udara lebih berbahaya, sebab mereka bernafas lebih cepat dari  orang dewasa. Akibatnya semakin banyak polusi yang mereka hirup. Padahal organ pernafasan mereka belum matang benar.
  • Menurut departemen kesehatan amerika, asma merupakan penyebab tertinggi anak-anak tidak masuk sekolah. Dan asma salah satuya disebabkan oleh polusi udara.
  • Meski tidak  merokok, hati atau jantung anda tetap bisa rusak karena paparan polusi udara. (fikirkan bagi orang yang juga merokok, bagaimana jadinya nasib hati dan jantung mereka.)
  • Penyakit-penyakit yang disebabkan oleh emisi mesin diesel, misalnya sakit jantung,asma ,bronkitis  menghabiskan 22 miliar dollar amerika di seluruh Amerika serikat di tahun 2004
  • Polusi udara mengakibatkan 1,3 juta nyawa melayang tiap tahun di seluruh dunia.

asap kendaraan makin
menambah derita warga perkotaan
Sedih bukan mendengar fakta-fakta mencengangkan di atas? Kondisi-kondisi tersebut adalah konsekuensi logis akibat perkembangan teknologi dan peradaban manusia. Menurut saya fakta-fakta diatas sekaligus mengingatkan kita agar kita mulai sekarang lebih memperhatikan kondisi lingkungan. Menyayangi bumi tempat kita bermukim ini dari kerusakan yang kita perbuat sendiri. Penggunaan bahan bakar yang ramah terhadap lingkungan mungkin menjadi solusi. Demikian juga pembangunan moda transportasi yang nyaman dan aman yag bisa membuat orang lebih tertarik naik kendaraan umum dari pada pribadi(proyek monorail dan kereta cepat, apa kabar??). 

Kita juga mungkin bisa memulai beberapa langkah kecil yang mampu mengurangi beban bumi yang semakin menua ini.

Yuk, mulai menjaga udara yang kita hirup ini tetap bersih. Mumpung masih gratis lo....

Bumi maha patih 170514

0 komentar :

Post a Comment

Please Comment Bellow, As:
@ Appreciation-Support
@ Criticism-Answers
@ Blog Walking- No Spam

Thank....