Friday 14 June 2013

Moge-moge Maut Indonesia

Moge. Motor Gede. Banyak yang suka. Banyak yang tidak suka. Orang suka dengan bodinya yang macho dan modelnya yang gagah. Rata-rata moge ber-CC tinggi. Inilah salah satu daya tarik peminat moge karena bisa digeber dengan kecepatan kilat. 

Tapi rata-rata orang tidak suka setelah mendengar harganya, Lebih-lebih banyak yang mengeluhkan konvoi moge yang kadang egois dan membahayakan pengguna jalan lainnya. 

Saya termasuk yang tidak suka mengendarai moge, karena satu alasan. Karena tidak bisa. He2.Kalaupun bisa saya lebih memilih mengendarai mobe saja. Apa mobe? Motor bebek. 

Ketidak sukaan berlipat saja saat banyak public figur negeri ini celaka justru saat mengendarai moge. Bahkan di antara mereka ada yang meninggal dunia. Miris memang. Motor yang seharusnya berfungsi mengantar pengendara agar segera sampai tujuan, justru mengantar ke tujuan lain, tujuan akherat. 

Berikut inilah moge-moge maut itu : 


Kawasaki ZX 7R 

moge-adi-firansyah
Semoga masih ingat dengan Aktor Adi Firansyah. Dia termasuk aktor muda yang umurnya pun singkat. Saat itu Adi masih 22 tahun, dan di sanalah umurnya berhenti. Tepatnya setelah menunggangi motor gedenya pada 23 Desember 2006 silam. Saat itu Adi yang tengah naik daun mengendarai Kawasaki ZX 7R dan menabrak sepeda motor lain yang sedang melintas. Karena saking kerasnya Adi yang masih berusia 22 tahun itu pun langsung tewas. Gak pakek lama. 

Kawasaki jenis ini di produksi antara tahun 1990-2003, mempunyai mesin 4 tak dan kapasitas mesin 748 cc, bisa berlari maksimal 268,2 km/jam. 

Harley Davidson Ultra Clasic Electra Glide 

moge-sophan-shophian
Pada 2008 silam, Sopan sopian aktor senior sekaligus politikus di salah satu partai besar mengalami kecelakaan ketika memacu motor Harley Davidson miliknya di Jalan Raya Ngawi-Mantingan KM 18-19 daerah Sragen, Jawa Tengah. 

Ada banyak versi tentang kronologis kematiannya. Ada yang menyebut karena jatuh sendiri, manabrak pohon bahkan ada yang beranggapan kematiannya karena terlindas motor lain saat ia terjatuh. 

Apapun itu, sarana kematiannya adalah Moge yang justru menjadi kesayangannya. Harley Davidson Ultra Clasic Electra Glide. Moge bermesin 1600 cc berwarna merah marun itu dibeli Sophan di Mabua, Fatmawati. 

Sophan Sophiaan tewas ketika memimpin rombongan konvoi 270 motor gede Harley Davidson "Jalur Merah Putih" Sabtu pagi pukul sekitar pukul 9.45. dalam rangka merayakan Hari Kebangkitan Nasional 2008 rencananya ia dan rombongan akan membagikan sembako di sejumlah daerah di Jawa sejak tanggal 12 Mei. Konvoi akan berakhir di Monas pada tanggal 20 Mei mendatang. Sophan sempat dilarikan ke rumah sakit, namun nyawanya tak terselamatkan. 

BMW S1000RR 

BMW S1000RR-moge-rezki-aditya
Aktor Rezky Aditya mungkin lebih beruntung dari adi Firansyah, Dia Mengalami kecelakaan tunggal saat akan menuju ATM dari rumahnya awal September 2012 lalu di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan. Namun karena lagi beruntung, dia ‘hanya’ mengalami luka dan patah tulang, padahal saat itu ia tak memakai safetty riding tools sama sekali seperti sarung tangan dan helm ( rahasia helm di sini ). Ia tak menggunakan helm Biar kelihatan mukanya yang ganteng katanya alay. 

Saat itu ia mengendarai Motor gede yang baru ia beli bertipe BMW S1000RR. Mobil jerman ini bermesin 1000 cc. Ada kemungkinan waktu itu ia memang sedang berkenalan atau uji coba dengan tunggangan barunya. Tapi karena karakternya sama sekali beda dengan motor sebelumnya ( Kawasaki Ninja 150RR ) ia jadi kaget, sehingga terjadilah kecelakaan tunggal itu. 

Menurut pengakuan teman-temannya, Rezky memang hobi sesuatu yang menantang, termasuk kebut-kebutan dengan motor gede-nya. 

Kawasaki ER 6 N 

Kawasaki ER 6 N-moge-jefri-albuchori
Boleh jadi Motor gede inilah yang paling di benci, utamanya bagi penggemar dan pendengar setia ceramah ustad Jefri Al-buchori. Melalui sarana Kawasaki inilah Ustadz kondang 100 juta umat ini meninggalkan kita pada tanggal 26 April 2013. 

Di suatu dini hari yang sunyi di Jl. Gedong Hijau 7 Pondok Indah. Motor Kawasaki hijau ini menabrak pohon palem yang membuat Uje terpelanting dan kepalanya membentur aspal, sehingga nyawa beliau tak tertolong. 

Menurut pengakuan Agus Idwar, kolega Uje, Uje tak mengendarai motornya dengan kecepatan tinggi. Walau sebenarnya motor ini bisa lari sampai 180 Km/Jam. Kawasaki ER 6 N yang di beli Uje seharga 99 juta ini termasuk tipe Kawasaki yang responsif saat mengerem namun kurang dalam hal menikung. Namun apa pun itu, tak menolong nyawa seseorang kalau sudah waktunya meninggal. (simak tanda2 kematian Uje di sini

Ducati Multistrada 1200 Touring 

Ducati-Multistrada-1200-Touring-ari-wibowo
Yang paling fresh tentu saja Ducati Ari Wibowo menabrak seorang kakek petugas kebersihan di depan KFC STM Penerbangan, Jakarta Selatan, Senin (10/6) kemarin sekitar pukul 14.00 WIB. Tjarmadi, kakek berumur 80 tahun itu akhirnya meninggal setelah sempat menjalani operasi di rumah sakit Pertamina. Karena mengalami cidera kepala yang cukup parah. 

Jelas saja membawa korban jiwa, Ducati Ari Wibowo ini adalah moge bermesin 2 silinder, 1.198 CC, dengan teknolologi khas Ducati itu bisa melaju sangat kencang. Tenaganya mencapai 150 PS dan torsi 124,5 Nm. Dilengkapi sistem ABS yang lebih kuat mencengkeram rem dan anti selip. Lebih wow nya, motor dengan tipe ini hanya ada 3 biji di seluruh Indonesia. Benar-benar makhluk langka dan layak di lestarikan. 


Okey,...itulah beberapa moge yang pernah “melukai” bahkan “merenggut” nyawa seseorang. Sebenarnya bukan moge atau mobe yang menentukan kerawanan seseorang mengalami kecelakaan. Namun sikap hati-hati, patuh lalu lintas dan selalu berpedoman pada saffety riding adalah kunci agar terhindar dari kecelakaan seperti di atas. Jika anda menemukan berita moge lain yang pernah mengalami nasib serupa di atas jangan lupa untuk me-up date info tersebut di kolom komentar di bawah ya.... Terima kasih. 



Bumi mahapatih, 150613

0 komentar :

Post a Comment

Please Comment Bellow, As:
@ Appreciation-Support
@ Criticism-Answers
@ Blog Walking- No Spam

Thank....